Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 22 Februari 2013

PENTINGNYA LARI PAGI UNTUK KESEHATAN

LARI PAGI

Lari pagi merupakan salah satu olahraga yang murah dan mudah dilakukan. Tak hanya itu, olahraga ini tidak memerlukan banyak alat bantu. Lari pagi sangat baik untuk menjaga kesehatan. Begitu pun juga jantung dan paru-paru kita menjadi lebih kuat. Selain itu berat badan anda bisa turun beberapa kg dan otot perut anda juga jadi kencang dan rata. 

Jangan khawatir meskipun anda sudah tua, taruhlah umur 50 tahun ke atas. Jangan dianggap anda sudah tidak pantas lagi untuk lari pagi. Jika anda masih bisa jalan berarti anda juga masih bisa berlari. Bahkan di Independent disebut bahwa riset terhadap 6.500 orang tua menunjukkan bahwa orangtua berumur 70 tahun yang msih suka jogging sama sehat fisik dan otaknya dengan orang-orang yang berumur 50 tahun.   

Berikut beberapa manfaat yang diperoleh tubuh bila Anda rutin lari pagi :
  1. Menajamkan mata
    Orang yang berlari 56 km/minggu, akan berhasil menekan resiko terganggunya penglihatan mata karena faktor usia hingga 54%, jika dibandingkan dengan mereka yang berlari hanya 16 km/minggu.
  2. Bisa membakar lemak 
  3. Menguatkan tulang
  4. Memperbesar otot 
  5. Membantu mengurangi stres 
  6. Terbebas dari dimensia 
  7. Jarang terkena flu 
  8. Bernafas lebih lega
  9. Tidur lebih lelap 
  10. Segar sepanjang hari 
Tips lari pagi yang sehat : 
  1. Untuk lari pagi sebaiknya dilakukan setelah matahari terbit, misalnya jam 6:00 pagi. Jika lebih pagi pun misalnya setelah jama’ah shalat Subuh bubar (sekitar jam 5:15) tidak masalah.
  2. Gunakan sepatu olahraga yang nyaman agar kaki anda tidak lecet. Kemudian pilih rute jalan yang aman. Cukup ramai dan bebas dari para preman/penodong.  Agar lebih aman, sebaiknya anda lari pagi bersama teman atau keluarga anda.
  3. Sebaiknya anda memakai baju kaos dan celana olahraga. Minum air putih dulu segelas agar segar dan jangan lupa buang air agar tidak kebelet di tengah jalan.
  4. Sebelum anda lari, sebaiknya anda berjalan kaki dulu sekitar 200 meter atau 5 menit untuk pemanasan.
  5. Saat lari, atur nafas anda. Tarik nafas dalam-dalam secara perlahan. Setelah dada anda berasa penuh, baru keluarkan juga secara bertahap. 
  6. Saat mau berakhir, sebelumnya jalan kaki dulu sekitar 5 menit untuk pendinginan (cooling down). Jangan langsung duduk. Setelah suhu badan anda mulai turun dan keringat berhenti, baru anda mandi pagi.
Demikian artikel ini saya buat. Semoga artikel ini banyak manfaat nya.








0 komentar:

Posting Komentar